Copyright © News About New Technology
Design by Dzignine
Monday, September 10, 2012

Apple Kerahkan Ribuan Mahasiswa Genjot Produksi iPhone 5

BEIJING - Laporan terbaru dari Far East mengemukakan bahwa Foxconn mengerahkan ribuan mahasiswa untuk membantu memproduksi iPhone generasi berikutnya.

Dilansir dari Apple Insider, Jumat (7/9/2012), Far East menyelidiki bahwa Foxconn tidak memiliki tenaga kerja yang cukup untuk memenuhi target produksi iPhone 5 menjelang waktu peluncuran dalam beberapa pekan kedepan. Oleh karena itu  mitra manufaktur Apple tersebut mengerahkan ribuan mahasiswa dari Huai'an di Provinsi Jiangsu, China.

Sementara itu, Shanghai Daily mengutip sebuah posting-an anonim dari seorang mahasiswa komputer di Hauiyin Institute of Technology yang menguatkan "beberapa mahasiswa lain setidaknya berasal dari lima perguruan tinggi."


Mahasiswa dipaksa untuk bekerja 12 jam sehari selama enam minggu dan menerima upah USD 243,97 per bulan. Para mahasiswa mengatakan partisipasinya pada mitra Apple tersebut merupakan bagian dari magang untuk meningkatkan kemampuan kerja.

Kabar yang kurang sedap pun muncul ke permukaan. Di mana, sekolah lokal menangguhkan kelas rutin pada awal semester, dengan demikian mendorong para mahasiswa mereka untuk magang. Bahkan, salah seorang mahasiswa mengatakan "sangat terganggu" dengan magang di Foxconn.

Menanggapi isu tersebut pejabat lokal tidak disembunyikan identitasnya mengatakan bahwa program tersebut ialah hal yang lumrah bagi setiap sekolah lokal.

Namun, pengacara lokal, Wu Dong percaya bahwa program magang tersebut melanggar hukum ketenagakerjaan dan pendidikan. Ia pun percaya pihak sekolah dan Foxconn dapat digugat dalam situasi ini.

Okezone.com

0 comments:

Post a Comment